Pada tanggal 6 Oktober 2011 saya melihat contoh simple tentang Fokus.

Pada waktu itu saya sedang berada di food court suatu gedung instasi pemerintah, ada seorang laki-laki yang melambai-lambaikan tangannya kepada seorang pelayan, tetapi sepertinya pelayan tersebut sedang melamun atau Fokus ke tempat yang lain, sehingga walaupun laki-laki tersebut melambai-lambai dan memanggil pelayan tersebut dari jarak 2 meter, pelayan tersebut tidak melihat atau mendengarnya.

Kalau kita analogikan ke dalam kehidupan kita, seringkali Kesempatan/Peluang melambai-lambai memanggil kita, tapi karena kita tidak Fokus dengan Goals & Dreams kita, kita seakan tidak melihat dan tidak mengetahui kesempatan-kesempatan/peluang-peluang yang ada di depan mata kita, sehingga seringkali Kesempatan/Peluang tersebut lewat dan terlepas dari tangan kita.

Sangat disayangkan kalau hal tersebut terjadi dalam kehidupan kita bukan ?

Jadi sediakanlah sedikit waktu untuk merenungi, apa sih sebenarnya yang ingin kita capai dalam hidup kita ? Apa sih Goals & Dreams kita ? Karena seringkali kita ketika disuruh untuk menuliskan Goals & Dreams kita, yang kita tuliskan sebenarnya adalah Goals & Dreams milik orang lain yang kita contek, dan kita pikir itu adalah Goals & Dreams kita juga. Lalu bagaimana caranya untuk mencari tahu apakah itu Goals & Dreams kita yang sebenarnya atau bukan ? Coba Anda rasakan, apakah anda memiliki Passion (hasrat/gairah) terhadap Goals & Dreams tersebut, karena kalau anda memiliki Passion, maka rintangan sesulit apapun tidak akan sanggup membuat anda menyerah untuk mencapai Goals & Dreams tersebut.

Nah setelah kita tahu apa Goals & Dreams  kita yang sebenarnya, tuliskanlah itu, kenapa harus ditulis ?

Sebuah Riset pernah dilakukan terhadap Lulusan MBA Harvard Business School 1979-1989 tentang dampak menulis Dreams, 3% lulusan MBA tersebut telah memiliki Goals & Dreams  yg SPESIFIK dan TERTULIS, sedangkan 13% memiliki Goals & Dreams  yang Spesifik tapi mereka tidak menuliskannya dan 84% sisanya tidak memiliki Goals ataupun Dreams . 10 thn kemudian Tim Periset yang dipimpin oleh Marck McCormack melakukan wawancara ulang dgn seluruh Responden Riset.

HASILNYA : 13 % yang memiliki Goals & Dreams  tetapi tidak menuliskannya, mendapatkan penghasilan rata-rata 2 kali lipat daripada 84% yang tidal memiliki Dreams, dan 3% yang menuliskan Goals & Dreams mereka, rata-rata mendapatkan penghasilan 10 kali lipat dari 97% yang lainnya (dikutip dari buku “What they don’t teach you at Harvard Business School” by Mark McCormack).

Wow, tentunya anda ingin mendapatkan penghasilan 10 kali lipat daripada yang lain bukan ? Syaratnya mudah, tinggal menuliskan Goals & Dreams anda🙂

Setelah itu mulailah FOKUS! pada Goals & Dreams  kita, setelah kita Fokus pada Goals & Dreams kita, maka intuisi kita akan membantu kita untuk melihat kesempatan-kesempatan/peluang-peluang yang ada untuk kita raih, kesempatan/peluang yang tadinya kita tidak lihat, akan menjadi terlihat, bahkan terkadang terasa seolah-olah menghampiri kita, melayani kita untuk mencapai Goals & Dreams kita.

Itu yang saya rasakan dan saya alami, bahkan hanya dalam 2 bulan sejak saya menuliskan Goals & Dreams saya, 3 diantaranya sudah terwujud tanpa saya perlu bekerja keras atau bersusah payah untuk mendapatkannya, tapi tentunya ini relatif dan jangan dijadikan patokan🙂 Aneh bukan? Bahkan bagi saya pun ini seolah-olah masih “Too Good To Be True”, tapi itu terjadi dalam kehidupan saya.

Sekarang saya mau menuliskan Goals & Dreams saya untuk tahun 2012, bagaimana dengan anda ?

By : Stepanus Kawihardja