Sering merasakan nyeri di bagian lutut? Latihan Tai Chi saja secara rutin, terutama bagi orang-orang lanjut usia. Menurut hasil studi terbaru, latihan Tai Chi bisa membantu mengurangi rasa nyeri di lutut.

”Tai Chi yang menggunakan pendekatan tubuh dan pikiran ternyata bisa menjadi alternatif bagi orang tua yang kerap nyeri lutut,” kata Dr Chenchen Wang, salah seorang peneliti dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Arthritis Care & Research, edisi November.

Khusus di AS diperkirakan ada 4,3 juta orang dewasa berusia lebih dari 60 tahun yang mengalami nyeri lutut. Tim peneliti Wang dan rekan-rekannya dari Tufts University School of Medicine meneliti 40 pasien berusia sekitar 65 tahun yang didiagnosis menderita pengapuran sendi lutut (knee osteoarthritis).

Kelompok pasien pertama diminta berlatih Tai Chi satu jam sebanyak dua kali satu pekan. Latihan ini dilakukan selama tiga bulan. Adapun kelompok kedua diminta latihan 60 menit setiap pekan selama tiga bulan.

Hasilnya, kelompok pertama mengaku rasa sakit jauh berkurang. Bahkan secara umum pasien merasa lebih sehat dan tingkat depresi menurun. (LUK)

http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/11/02/07435891/tai.chi.bantu.cegah.nyeri.lutut